Kekurangan Dalam Sistem Belanja Online

Belanja online memiliki segudang kelebihan yang sangat menguntungkan bagi para pembeli, namun selain itu sistem belanja secara online ini juga masih memiliki kekurangan yang harus menjadi catatan bagi penggagas sistem online supaya bisa menjadi referensi perbaikan kedepannya. Hal ini demi kenyamanan bersama, baik untuk para penjual maupun pembeli yang bertransaksi secara online. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa mudahnya sistem online telah menjadi candu bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Sehingga menjadi kebiasaan yang seperti sudah tidak dapat dilepaskan. Kebutuhan untuk belanja di online shop sama besarnya dengan melakukan belanja di toko real.

Kekurangan Dalam Sistem Belanja Online

Salah satu sistem belanja online yang masih banyak dikeluhkan oleh pembeli adalah mengenai lambatnya respon dari pihak penjual saat melayani pembeli, dapat dikatakan jika pelayanan kurang maksimal. Hal ini tidak hanya terjadi saat membeli di olshop pribadi saja, namun juga di marketplace ternama. Memang benar bahwa uang akan direfund jika penjual tetap tidak merespon hingga batas waktu yang ditentukan, namun faktanya hal ini bisa membuat kapok para pembeli sehingga malas untuk melakukan belanja secara online lagi. Karena dianggap mengecewakan. Ada juga penjual yang mengirim barang asal, misalnya pembeli order barang warna merah tapi yang datang warna hijau. Hal ini sudah seringkali terjadi. Bukan hanya sekali atau dua kali saja, masih untung kalau hanya warna yang salah karena lebih parahnya terkadang ukuran barang yang dikirim pun salah.

Selain itu, maraknya terjadi promo zonk yang diadakan oleh marketplace. Kondisi ini biasanya terjadi setelah uang ditransfer dan tidak lama kemudian pembeli menerima email bahwa produk promo yang diorder sudah sold out. Padahal jelas bahwa stock barang tersebut masih available ketika dimasukkan ke dalam keranjang belanja. Memang uang juga akan direfund, tapi kekecewaan sebagai pembeli karena merasa ditipu promo tentunya akan menyurutkan niat jika suatu hari nanti terdapat promo serupa. Untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi, ada baiknya menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *