Inisiasi Menyusui Dini Beserta Persyaratannya

Inisiasi Menyusui Dini atau juga biasa dikenal dengan IMD adalah proses bayi yang baru lahir diletakkan ke dada ibunya dan diberi kesempatan untuk menyusu sendiri ke ibunya dalam 1 jam pertama setelah bayi lahir. Proses ini sangat bermanfaat untuk fisiologis dan psikologis bagi bayi maupun sang ibu. bagi bayi proses ini bermanfaat untuk memberikan antibodi pada tubuh bayi sehingga mengurangi resiko kematian bayi, dan juga bermanfaat untuk memberikan rasa hangat dan nyaman pada bayi. Sedangkan bagi sang ibu, hisapan puting susu ibu bisa membantu mengeluarkan plasenta dan mengurangi terjadinya pendarahan.

Persyaratan Inisiasi Menyusui Dini

Secara teknis, tahapan IMD dimulai setelah tali pusar bayi dipotong, kemudian bayi akan diletakkan di dada ibu dengan posisi tengkurap, sehingga terjadinya kontak langsung antara kulit bayi dengan sang ibu, kemudian bayi akan mencari sumber makanannya yang berasal dari puting ibu dan menyusu. Dalam melakukan IMD, harus memerhatikan kondisi sang ibu maupun bayi, jadi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, untuk itu berikut persyaratan yang harus terpenuhi dalam melakukan IMD.

  1. Ibu tidak mengalami pendarahan hebat
  2. Kondisi kesehatan bayi dan ibu stabil.
  3. Lahir spontan, baik presentasi kepala maupun bokong
  4. Jika lahir dengan tindakan, maka IMD dilakukan setelah kondisi bayi sudah cukup sehat dan reflek menghisapnya baik
  5. Ibu tidak dibius total saat melahirkan
  6. Jika bayi dilahirkan dengan operasi Caesar dengan pembiusan umum, maka IMD akan dilakukan segera setelah kondisi kesehatan ibu dan bayi stabil
  7. Bayi tidak asfika (kegagalan bernapas secara spontan dan teratur saat bayi lahir) setelah lima menit pertama.
  8. Kelahiran memasuki usia kehamilan 37 minggu atau lebih.
  9. Bayi lahir dengan berat 2000-2500 gram atau lebih
  10. Tidak terdapat tanda-tanda infeksi
  11. Bayi tidak memilki cacat bawaan berat, seperti hidrosefalus, meningokel, anensefali, atresia ani, omfalokel, dan labio.

Untuk menjaga kesehatan bayi, tak hanya IMD yang perlu diperhatikan tetapi juga perawatan bayi setelah lahir, kamu harus menyiapkan beberapa peralatan perawatan bayi, kamu bisa menggunakan produk ZWT Zwitsal yang menawarkan berbagai macam produk yang sangat aman digunakan untuk bayi, meliputi sabun cair, shampoo, baby skin guard lotion, bedak dan juga minyak telon.

Itulah informasi tentang inisiasi menyusui dini beserta persyaratannya, semoga bermanfaat khususnya bagi kamu yang segera melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *