Fungsi Lidah Buaya Pada Kebutuhan Manusia Dalam 3 Bentuk Olahan

Lidah buaya telah lama dikenal di Indonesia dan dunia. Tumbuhan ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, mengatasi berbagai masalah kulit, sampai pada masalah berat badan dan pencernaan. Seiring berjalannya waktu, lidah buaya kemudian berkolaborasi dengan teknologi dan menjadi bahan olahan modern yang multifungsi. Selain itu, teknologi justru tidak mendegradasi fungsi lidah buaya pada kebutuhan manusia, namun justru memaksimalkannya dan membuatnya lebih praktis. Kita tidak perlu lagi memetik, mengiris, atau mengelupas kulitnya. Ya, kita tinggal pakai saja. Hingga kini setidaknya ada 3 bentuk olahan atau fabrikasi yang diterapkan pada tumbuhan yang juga disebut aloe vera ini. Hasil dari fabrikasi ini juga akan mempengaruhi cara kita memakai lidah buaya sesuai dengan keperluan kita. Kabar bagusnya, ketiganya dapat dengan mudah Anda temukan di minimarket sampai mall.

Yang pertama adalah dalam bentuk sampo. Ya, fungsi lidah buaya sudah sangat dikenal dalam urusan kepala. Sebut saja mencegah kerontokan dan kebotakan, menyuburkan rambut, mengangkat sel kulit mati di permukaan kepala, menghilangkan dan mencegah ketombe, sampai menumbuhkan rambut. Dan bukan hanya rambut di kepala, termasuk juga rambut di alis. Benar, lidah buaya dapat membantu Anda menumbuhkan atau melebatkan alis Anda. Sampo berbahan lidah buaya juga cenderung lebih dingin dan menyejukkan. Hal inilah yang membuatnya semakin diminati sebagai salah satu bahan dasar pembuatan sampo terbaik. Kemudian selain dijadikan sampo, lidah buaya juga diolah dan diproduksi dalam bentuk makanan dan minuman. Tahukah Anda bahwa lidah buaya juga memiliki manfaat yang baik untuk usus, jantung, sampai membantu melancarkan peredaran darah?

Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan berbagai nutrisi termasuk serat yang bisa membantu membersihkan usus dan melancarkan pembuangan. Selain serat, lidah buaya juga mengandung banyak kandungan mineral. Oleh karenanya, lidah buaya juga sangat cocok untuk dijadikan bahan olahan minuman. Bahkan sudah sangat sering didengar lidah buaya menjadi alternatif selain nata de coco pada es buah. Tidak hanya kenyal dan menghilangkan dahaga, fungsi lidah buaya juga terasa sampai ke pencernaan. Menarik bukan? Namun itu belum semua masih ada lagi olahan yang terakhir, yakni membuatnya dalam bentuk gel. Bahkan bisa dikatakan olahan inilah yang paling multifungsi. Dengan bentuk gel ini, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Terlebih untuk urusan kulit. Ngomong-ngomong, tahukah Anda bahwa lidah buaya sangat bagus khasiatnya untuk kulit? Mulai dari kulit kepala, kulit yang mengalami luka bakar, sampai kulit yang sering terpapar panasnya sinar matahari.

Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung zat anti-imflamasi yang membantu mencegah peradangan, membantu memperoduksi kolagen yang sangat bagus untuk peremajaan kulit, dan anti bakteri yang dapat mencegah infeksi pada luka bakar. Dengan banyaknya khasiat tersebut, maka lahirlah produk lidah buaya berbentuk gel. Penggunannya pun sangat mudah, yakni dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang diinginkan. Apabila dilakukan dengan rutin maka hasilnya tidak akan kalah dengan perawatan yang berhaga mahal. Praktis sekali bukan? Tidak perlu repot lagi memotong dan mengirisnya. Seiring dengan berkembangnya jaman, sangat mungkin bisa ditemukan bentuk lain dari olahan lidah buaya. Contohnya dalam bentuk pil atau obat. Pil ini akan mengarah pada khasiat pencernaan dan perawatan kesehatan. Namun apapun bentuknya, fungsi lidah buaya tetap menjadi hal utama yang tidak boleh hilang dalam proses fabrikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *