Asal Usul Wayang Kulit di Indonesia

Jika ditelusuri, asal usul wayang kulit tidak dapat dihilangkan dari sejarah wayang itu sendiri. Asal usul kata wayang di ambil dari kedudayaan dari China yang disebut “Ma Hyang” yang berarti berjalan menuju Tuhan atau Dewa. Tetapi ada beberapa komunitas yang menyebutkan bahwa kata wayang diambil dari bahasa Jawa yang artinya bayangan, atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia yang baku artinya adalah bayang. Pengertian ini mungkin benar adanya karena para penikmat atau penonton wayang dapat menonton pertunjukkan wayang dengan cara hanya melihat bayangan yang dimainkan oleh dalang yang juga berperan sebagai narrator.

Dalam sejarahnya, wayang kulit terdiri dari beberapa jenis, salah satu diantaranya adalah wayang Gagrag Banyumasan. Wayang jenis ini memiliki gaya pendalangan yang disebut pakeliran. Ada beberapa yang terdapat di dalam pakeliran seperti catur, sabet, lakon, dan juga karawitan yang juga berarti musik.

Wayang kulit Banjar adalah contoh lain dari wayang jenis ini. Wayang ini berkembang di Banjar, Kalimantan Selatan. Kesenian ini telah dikenal oleh masyarakat Banjar dari awal abad ke-14. Hal ini mungkin benar adanya ketika Majapahit mengambil alih beberapa daerah di Kalimantan dan mereka menyebarkan agama Hindu dengan menggunakan wayang kulit sebagai alatnya.
Di Kelantan, Malaysia ada juga contoh wayang yang sangat terkenal yang disebut wayang siam. Wayang ini adalah pertunjukkan yang dilakukan oleh satu orang dalang yang menggunakan bahasa melayu. Tidak ada pernyataan atau bukti yang kuat tentang asal usul wayang siam, tetapi banyak orang berpendapat bahwa kesenian ini datang dari Jawa karena terdapat beberapa unsur yang bercorak Jawa.

Di era modern, kesenian wayang kulit tenggelam karena berbagai macam hal seperti internet dan kemajuan teknologi lainnya. Tetapi, masih banyak juga orang tua yang mau mengajarkan anak anak mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia ini. Sangat penting untuk anak muda pada zaman sekarang untuk mengapresiasi karya seni terbaik kita karena dengan cara ini kesenian wayang kulit dapat kembali terangkat derajatnya. INDONESIA.TRAVEL PHILLIPINES adalah tempat yang tepat untuk anda dapat melestarikan kesenian dan budaya Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *